Monday, January 12, 2009

Memulai bisnis itu mudah !

Teman, ternyata memulai bisnis itu mudah!

Untuk memulai bisnis, kita harus mempunyai ide yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan calon pelanggan. Tentunya ide ini harus disesuaikan potensi diri yang terdiri dari minat, bakat dan Keterampilan yang anda miliki. Apabila dua hal ini dimiliki (ide bisnis dan potensi diri), maka anda pasti akan dapat memulai berbisnis!

Bagaimana dengan modal?

Dari literatur mengenai pebisnis yang berhasil, sebagian besar diantara mereka memulai bisnis dengan modal seadanya. Tidak jarang dari mereka memulai bisnis dengan modal "pertemanan" , bahkan diantara mereka ada yang sama sekali tidak memiliki uang saat memulai bisnis, dalam hal ini kita lebih beruntung tentunya!

Teman,... modal yang terbesar untuk memulai bisnis adalah diri anda sendiri, ... tidak ada yang lain! Berbeda dengan uang, diri sendiri adalah modal yang terbesar dan tidak akan pernah habis. Semakin baik ide bisnis anda, maka modal ini akan semakin mahal nilainya. Semakin keras kita bekerja, maka modal ini akan semakin kuat dan semakin sering anda gagal memulai ide bisnis anda, maka akan semakin mahal pula modal ini.

Oleh karenanya, penting untuk memahami diri anda dalam berbisnis dan menjadikannya seiring dengan ide bisnis yang akan dijalani.

Sekali lagi, uang bukan segalanya, yang penting anda punya ide bisnis dan memahami diri sendiri ... anda punya ide untuk berbisnis ?

salam
edwar

6 comments:

Anonymous said...

Ada satu hal yang kadang dilupakan oleh para pemula bisnis sekarang ini, yaitu mental berbisnis. Kebanyakan orang yang akan mulai bisnis selalu berfikir langsung ke keuntungan..keuntungan..keuntungan...baru rugi sedikit, langsung down, baru untung dikit dah berlagak kaya bisnisman sukses..padahal sukses kan proses bukan hasil akhir.

Anonymous said...

so...berbisnis lah dengan hati..jangan sekedar itungan pikiran semata...salam

Edwar Fitri said...

Apa kabar teman?

Ya, saya setuju ... yang terpenting proses! Bagaimana mita berproses dengan baik dan benar.

Anonymous said...

Baik Terima Kasih..

saya baca artikel menarik, yang saya kutip dari Yth. Bpk. Tanandi Santoso:
ada 5 hal penting dalam kesuksesan kita. Material, fisik, intelektual, emosional dan spiritual. Anda bisa memilih yang mana. Juga keseimbangan apa yang anda pilih. Mana yang lebih diutamakan, mana yang tidak diutamakan, mana yang didahulukan, mana yang belakangan. Andalah nanti yang akan menuju ke arah mana kesuksesan yang akan dikejar.

Tidak ada yang benar atau yang salah. Semua orang punya pilihan. Andalah yang memilih kesuksesan dalam kehidupan anda. Ada 5 area yang bisa anda pilih. Silakan anda pilih dan capai kesuksesan yang menurut anda terbaik.

Terima kasih mr.edwar, kapan kita ke Germany?....salam

Anonymous said...

Ralat comment saya diatas : "Yth. Bpk. Tanandi Santoso"...seharusnya "Yth. Bpk. Tanadi Santoso".
Demikian telah saya perbaiki..Terima Kasih

Edwar Fitri said...

Yup, penting untuk mengenal diri anda sendiri dengan setidaknya memperhatikan 5 hal (menurut Tanadi Santoso) : material, fisik, intelektual, emosional dan spiritual. Teknik untuk memetakan hal ini bisa menggunakan analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunity & ThreaT). Dalam konteks bahasan kita ini, berarti menganalisa kekuatan (strength) dan Kelemahan (Weakness) diri.

Insya Allah, Analisis SWOT akan kita bahas bersama nanti.

Satu hal yang menarik :
"Tidak ada yang benar atau yang salah. Semua orang punya pilihan. Andalah yang memilih kesuksesan dalam kehidupan anda ..."

salam
edwar