Friday, February 20, 2009

Apa itu SIYB?


Start & Improve Your Business adalah pelatihan Manajemen Bisnis yang diadaptasikan dari dari sebuah paket pelatihan bernama "Look After Your Firm" (Jaga Perusahaan Anda) oleh Federasi Pengusaha Swedia di tahun 1970an. Program ini dikembangkan oleh ILO dalam sebuah kerja sama teknis ILO di Fiji dan kemudian diadopsi oleh lebih dari 80 negara (Afrika, Eropa dan Amerika Selatan) yang kemudian dikenal dengan Start and Improve Your Business (SIYB).

Di Indonesia, program ini diperkenalkan ILO pada tahun 2002 dalam program pendidikan kewirausahaan yang diadaptasikan oleh lembaga-lembaga pendidikan, LSM, dan lembaga-lembaga swasta lainnya sebagai paket pelatihan untuk membantu calon entrepreneur mempersiapkan dan mewujudkan bisnis mereka.

Mengapa SIYB
?

SIYB percaya bahwa seorang entrepreneur bisa dibentuk (selain dilahirkan) melalui suatu proses pelatihan yang menekankan pada 3 hal target pembelajaran :

1. Peningkatan pengetahuan,
2. Peningkatan keterampilan manajemen bisnis,dan

3. peru
bahan sikap.

Untuk menghasilkan 3 hal terget pembelajaran tersebut dan memperhatikan karakteristik entrepreneur, SIYB menggunakan Prinsip Pendidikan orang dewasa dengan pendekatan pelatihan Partisipatif dan orientasi aksi peserta. Dalam pelatihan ini, pelatih hanya berperan sebagai fasilitator dan pesertalah sebagai sumber pembelajaran utama


Satu
hal yang menarik, proses pelatihan menggunakan
metode pelatihan meliputi ; diskusi kelompok, curah pendapat (brainstroming), studi kasus, latihan dan bermain peran serta simulasi bisnis (business games). Dengan berbagai metode pelatihan tersebut, peserta pelatihan SIYB akan :

1. Mendapatkan sugesti positif dan suasana menyenangkan dalam proses pelatihan
2. Aktif dan berperan penuh dalam proses pencapaian pembelajaran : pengetahuan dan keterampilan baru
3. Memperoleh rangkaian momen - momen pengalaman dan pembelajaran untuk mencapai perubahan sikap menjadi lebih baik menjadi seorang entrepreneur




Seperti yang dituliskan oleh Ciputra (Kompas,19 Februari 2009) , SIYB juga sarat dengan nilai-nilai latihan dan pendidikan yang sesuai dengan semangat entrepreneurship untuk berperan serta membangun negeri ini.

Bagaimana, tertarik menjadi entrepreneur ?

salam
edwar


1 comment:

Unknown said...

membuat kaum muda mengerti tentang apa itu usaha/bisnis, sehingga kaum muda tidak lagi nerharap untak menunggu panggilan dari hasil lamaran yang dimasukkan di prusahaan.