Saturday, February 14, 2009

Valentine dan Taktik Marketing

Internet Cafe paforit saya kali ini dihiasi pernak-pernik berbentuk hati dan dominan berwarna pink , simbol "kasih sayang“. Ada program Discount 50% bagi mereka yang datang berpasangan (tetapi tidak untuk pasangan sejenis), asal bersedia menuliskan alamat mereka e-mail di buku klien dan lagu bertemakan Cinta setiap hari diputar sepanjang bulan Februari ini.

"Ini Taktik om, kita harus mengikuti pasar" demikian kata manajer yang bertugas hari itu.

Taktik!

Menurut pakar marketing Hernawan Kartajaya, taktik adalah aksi (action) untuk memperoleh market share berdasarkan pemahaman perusahan terhadap 3 hal, yaitu ; 1. Differentiation (berbeda), 2, Selling (menjual) dan 3. Marketing Mix (bauran pemasaran) terhadap para pesaing bisnis. Perusahaan akan dapat melakukan taktik apabila memahami ke 3 hal tersebut, selain memposisikan diri (positioning) dan branding.

Menurut saya, taktik yang mereka lakukan ini akan berdampak positif bagi perusahaan dimasa yang akan datang sebagai berikut :
  1. Brand, discount 50% akan membuat pengunjung yang datang berpasangan memperoleh pengalaman (experience) yang tidak akan mereka lupakan (apa lagi dalam nuansa berkasih sayang), hal ini efektif untuk menancapkan brand perusahaan dibenak mereka
  2. Intimacy; perusahaan telah merangkul pengunjung/klien menjadi lebih akrab yang berpotensi akan menciptakan loyalitas mereka terhadap perusahaan
  3. Follow up, email yang terkumpul dari pengunjung akan dapat dijadikan sasaran program marketing kreatif lainnya dimasa yang akan datang.
Bagi anak-anak muda ini, event valentine mereka sikapi dengan terus melakukan pemasaran.

Menjelang pulang, seorang teman berseloroh "emang kasih sayang hanya sehari dalam setahun ?“ "Bagai mana kalau seandainya ada "hari Amarah“ ?, pada hari amarah ini, semua umat manusia di bumi ini tidak boleh marah, hanya satu hari saja! Dalam setahun ! mungkin ngak?! " katanya lagi. Pembelajaran yang kita peroleh kali ini :
  1. Taktik hanya akan dapat efektif dilakukan manakala kita memahami 3 hal; 1. memahami perbedaan produk dan perusahaan kita dibandingkan dengan pesaing, 2. memahami bagaimana cara menjual dan 3. memahami bauran pemasaran produk kita (produk, harga, promosi dan tempat)
  2. Saya membayangkan, sepertinya Indonesia akan menjadi lebih baik apa bila memperingati hari kasih sayang ... setiap hari ... sepanjang tahun.
Salam

Edwar

3 comments:

Anonymous said...

Kurang dalam membahasnya ...

Anonymous said...

Taktik nya ok....cuma awas jangan hanya terpaku ke "Taktik" saja. jangan lupakan satu hal : "APLIKASI", karena hal tersebut yang terlihat nyata di lapangan...setelah itu evaluasi tentunya.

peace,love&thanks..

Edwar Fitri said...

Ya, saya setuju dengan anda (sayang, tidak ada namanya). Sebagus apapun taktiknya, apa bila tidak ditindak lanjuti akan sia-sia. Dalam bisnis jasa , satu hal yang sangat penting saat menindaklanjuti adalah "momen". Apa bila hilang momen, maka hilang pula kesempatan untuh menacapkan "share mind" sekali gus "share heart" dan taktik pun gagal!

Artinya, taktik harus terus ditindaklanjuti!

salam
edwar